Menilik Kemampuan si Kakak-beradik: Spek Redmi 6 Pro vs Note 6 Pro

Di kuartal 4/2018, pasaran Indonesia kembali kedatangan varian ponsel kelas low-end dari Xiaomi yang memang selalu ditunggu kehadirannya. Varian-varian itu adalah Redmi 6. Redmi 6 terbagi 3 varian, yakni Redmi 6A (yang masuk lebih dulu ke pasaran Indonesia), Redmi 6 Pro, dan Redmi Note 6 Pro. Kedua varian terakhir adalah varian yang cukup ramai penggemarnya.

Sebenarnya, ponsel tersebut secara desain dan spesifikasi tidak jauh berbeda, sehingga dapat disebut pula sebagai ponsel kakak-beradik. Akan tetapi, beberapa penggemar dan penggila gawai mungkin tetap saja punya pilihan masing-masing. Nah, di sini kita akan mengulas spek Redmi 6 Pro vs Note 6 Pro tersebut. Semoga saja, buat kalian yang awam bisa menentukan pilihan jika tertarik salah satu dari keduanya.

Menilik Kemampuan si Kakak-beradik: Spek Redmi 6 Pro vs Note 6 Pro

Spek Redmi 6 Pro vs Note 6 Pro

Spesifikasi Dasar dan Performa

Kedua ponsel dapat dikatakan adalah ponsel yang memiliki spesifikasi dasar yang mirip. Sebut saja, mulai dari sistem operasinya, besaran SIM card yang digunakan, hingga networknya yang sama-sama kompatibel pada 4G LTE. Namun, ada beberapa hal yang berbeda yang mungkin berpengaruh pada performa kedua ponsel tersebut.

Pertama, chipset yang digunakan oleh kedua ponsel. Pada Redmi 6 Pro, digunakan CPU Qualcomm Snapdragon 625 MSM8953 dengan 8 inti otak, dengan besaran 2 GHz, dari Cortex A53. Sementara, dari Redmi Note 6 Pro, digunakan Qualcomm Snapdragn 636 dengan 8 inti otak yang terpecah dengan rincian berikut, 1.8 Ghz, Quad core, Kyro 260+ 1.6 GHz, Quad core, Kuro 260). Jelas, dari segi chipsetnya, Redmi Note 6 Pro, sedikit lebih unggul karena menggunakan Snapdragon versi yang lebih baru, yakni 636. Namun, secara kerja ponselnya, itu tidak terlihat begitu signifikan karena Redmi Note 6 Pro memiliki dimensi layar yang lebih besar sehingga kerjanya lebih besar untuk beberapa hal.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Login, Ternyata Bisa Loh!

Kedua, dari segi RAM. Pada Redmi 6 Pro tersedia varian 3 GB dan 4 GB. Sementara, pada Redmi Note 6 Pro tersedia 4 GB saja. Dengan kombinasi RAM dan prosesor ini, keduanya tidak memiliki perbedaan mencolok, kecuali jika kamu membeli Redmi 6 Pro dengan RAM 3 GB, jelas akan kalah performanya dengan Redmi Note 6 Pro. Namun, jika memilih yang 4 GB, kamu tidak akan melihat perbedaan yang jauh.

Spek Redmi 6 Pro vs Note 6 Pro

Desain dan Tampilan

Keduanya adalah kakak-beradik yang memiliki desain hampir sama. Sama-sama menggunakan body metal, perlindungan corning gorilla glass, layar berponi, dan resolusi FHD+. Akan tetapi, Redmi Note 6 Pro, memiliki ketebalan yang lebih tipis dan lebar layar yang lebih besar, yakni 6,26 inci, dibanding Redmi 6 Pro yang hanya 5,84 inci. Akan tetapi, jika ditanya soal kenyamanan dan baiknya tampilan, mungkin Redmi 6 Pro sedikit lebih banyak disukai karena sedikit lebih kecil dan pas di genggaman dengan ppi yang lebih besar sehingga warnanya lebih nyata.

Kamera dan Video

Pada bagian kamera, terdapat perbedaan yang cukup signifikan di bagian kamera depan. Meskipun, secara umum, resolusi gambar dan video yang dihasilkan sama. Pada bagian kamera depan, Redmi 6 Pro hanya dibekali kamera 5 MP, sedangkan pada Redmi Note 6 Pro dibekali 20 MP + 2 MP (dual front camera). Tentunya kamera pada Redmi note 6 pro ini menguntungkan kalian yang suka selfie dan diunggah ke media sosial. Akan tetapi, pada kamera utama, keduanya berimbang dengan 12 MP + 5 MP.

Fitur-fitur Lainnya

Di bagian kelengkapan lainnya, keduanya pun cukup berimbang. Baterai sama-sama 4000 mAh, ada fingerprint sensor, light sensor, proximity sendor, accelerometer, compass, hingga gyroscope. Hanya saja, Redmi Note 6 Pro sedikit lebih unggul karena ada fitur quick charging yang akan mempermudah proses charging jadi lebih cepat.

Baca Juga :  Ingin Beli Redmi Pro 6? Ketahui Dulu Spek dan Harga Bekasnya

Itulah setidaknya komparasi spek Redmi 6 Pro dengan Redmi Note 6 Pro, ponsel kakak-beradik yang sangat mirip. Hanya saja, Redmi Note 6 Pro lebih menarik untuk beberapa spesifikasi. Akan tetapi, kembali lagi, spek lebih tinggi bukanlah preferensi utama untuk memilih ponsel, semua tetap berdasar kebutuhan masing-masing. Selamat memilih!