Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 6 Pro dan Harganya di Indonesia

Pada bulan Juni 2018, produsen ponsel ternama asal Tiongkok, Xiaomi merilis versi Pro dari Redmi 6. Bisa Anda tebak apa? Yup, Xiaomi Redmi 6 Pro. Setelah berita peluncurannya muncul di Weibo, banyak yang berburu detail tentangnya, baik itu berupa spesifikasi Xiaomi Redmi 6 Pro atau harganya di Indonesia. Andakah salah satunya?

Walaupun sekarang ponsel ini sudah resmi dirilis di Indonesia, ulasan tentang kelebihan dan kekurangannya tetap saja menarik untuk disimak. Khususnya bagi Anda yang tengah bimbang karena ingin membeli gadget baru dengan harga bersahabat. Jadi, terus simak ya!

Kelebihan

Sebelum membahas tentang kekurangan Xiaomi Redmi 6 Pro atau harganya di Indonesia, kita akan membahas dahulu tentang hal apa saja yang membuatnya wajib dimiliki.

Kelebihan pertama datang dari penampilannya. Tak seperti koleksi Xiaomi lainnya yang kebanyakan menggunakan bahan plastik, Redmi 6 pro ini telah menggunakan material full metal sebagai casing dengan konsep 2.5 D yang membuat tampilannya semakin elegan. Tak cuma itu, tipe ini adalah seri pertama yang mengusung konsep full view yang dipadu dengan display top notch ala iPhone dengan rasion 19:9. Bayangkan, dengan harga bersahabat, Anda terasa membawa ponsel hebat. Menyenangkan, bukan?

Selain penampilan, kualitas layar juga menjadi nilai plus dari ponsel ini. Redmi 6 pro sudah menggunakan teknologi IPS LCD capacitive dengan fitur FullHD beresolusi 1080×2280 pixels. Jadi, jangan kaget bila tiap tampilan terasa sangat menarik di mata karena tingginya kualitas grafis. Sepertinya Xiaomi memang ingin setiap penggunanya merasakan user experience sebaik mungkin. Oya, berbicara tentang user experience, agar Anda tak was-was saat menyentuh layar, Xiaomi sudah membekali layar ponsel ini dengan lapisan Corning Gorilla Glass, sehingga layar ponsel Anda ini pun aman dari goresan.

Baca Juga :  Review Kulkas Sharp 1 Pintu Murah

Kelebihan berikutnya ada di kamera. Di jaman yang marak akan kehadiran media sosial, keberadaan kamera ponsel berkualitas tinggi pastinya sangat membantu dalam menjaga eksistensi di dunia maya. Xiaomi sepertinya mengerti benar akan hal itu. Karena itu, ponsel ini dibekali dengan tiga kamera yang memiliki fitur mumpuni. Kamera belakang berkonsep dual camera, di mana kamera utamanya memiliki resolusi 12 megapiksel sedangkan kamera tambahannya 5 megapiksel. Selain tajamnya resolusi, adanya fitur pendukung seperti  dual LED flash juga member kontribusi penting dalam menghasilkan jepretan apik. Anda pun tak perlu galau bila ingin berfoto atau melakukan video call di tempat yang minim cahaya. Lalu bagaimana dengan kamera depannya? Resolusi kamera depan memang tak setinggi kamera belakang, yaitu hanya 5 MP. Tapi ia dilengkapi dengan fitur AI mumpuni dengan depth sensor yang memuaskan. Anda pun dapat menghasilkan gambar dengan fitur bokeh yang artistik.

Selain kamera, fitur keamanan merupakan kelebihan yang ditawarkan oleh ponsel ini. Tak hanya satu fitur, melainkan dua, yaitu pemindai sidik jari dan face unlock. Kehadiran mereka dapat menenangkan hati  Anda yang sering was-was akan kerahasiaan data-data yang di ponsel.

Kekurangan

Setelah membicarakan tentang kelebihan, sekarang kita akan membahas apa sih yang kurang dari ponsel ini. Yang pertama jelas, yaitu absennya earphone. Bukan salah ponsel ini, sih sebenarnya. Xiaomi memang tak pernah menyertakan earphone di setiap package produknya.

Berikutnya yang terasa kurang dari ponsel ini adalah ia belum mendukung fast charging. Sebenarnya, keberadaan baterai Li-po sebesar 4000mAh sudah lebih dari cukup. Tapi mengingat ponsel ini cukup handal untuk bermain game, ditambah semakin kompleksnya tugas sebuah HP, daya baterai tersebut pastinya akan cepat habis. Dengan ketiadaan fitur fast charging, Anda harus pandai-pandai memperhitungkan kapan waktu untuk men-charge baterai agar tak sampai kehabisan  daya. Karena kalau sampai habis total, waktu yang dibutuhkan untuk mengisinya sampai penuh tak sebentar, lho.

Baca Juga :  Perbandingan Spek Xiaomi Redmi 5A Plus dan Xiaomi Note 5 Pro

Oya, masih membicarakan soal baterai. Karena konsepnya non-removable, jika terjadi sesuatu dengan baterainya, maka bisa dipastikan Anda pun harus mempertimbangkan untuk ganti seluruhnya.

Harga

Setelah membicarakan kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 6 pro, harganya di Indonesia adalah hal berikutnya yang akan kita bahas. Berbeda dengan Redmi 6 pro Thailand yang dijual dengan harga 3 jutaan, di Indonesia ponsel ini dijual dengan harga sekitar 1,9 juta sampai 2,3 juta untuk versi barunya.  Kisarannya hampir sama dengan produk serupa yang dijual di Tiongkok dan India. Sedangkan untuk versi bekasnya dijual dengan kisaran 1,3 juta sampai 1,6 juta.